Selasa, 09 Februari 2010

Pendidikan di Kab. Gorut Mulai Bangkit, Rektor UNG Puji Terbosan Rusli Habibie





GORONTALO (GerbangEmas) Terobosan Bupati Kabupaten Gorontalo Utara Rusli Habibie di bidang pendidikan mendapat pujian dari berbagai pihak. Bahkan Ketua PGRI Provinsi Gorontalo yang juga Rektor UNG Prof. Nelson Pomalingo sangat senang dan menyambut gembira kebijakan Rusli Habibie memajukan pendidikan di Kab. Gorontalo Utara.

Pada dialog Interaktif di Warung Kopi yang disiarkan RRI Minggu (29/11) kemarin Rusli Habibie mengatakan dalam satu tahun kepemimpinannya ia memang berupaya semakismal mungkin membangun pendidikan di wilayah ini. Ia mengakui, pendidikan di Kab. Gorontalo Utara masih sangat terkebelakang sehingga sejak dilantik menjadi Bupati ia menaruh perhatian yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan yang saat ini masih terus berproses kea rah yang lebih baik.

Dibidang kesejahteraan guru misalnya, sejak tahun pertama kepemimpinannya ia langsung menaikkan honor tenaga GTT yang tadinya hanya Rp. 200 ribu menjadi Rp. 600 ribu. Tidak hanya itu saja untuk anggaran pendidikan dari APBD sesuai amanat konstitusi hanya 20 persen di Kab. Gorontalo Utara pada tahun lalu mencapai angka 28 persen. Demikian pula halnya dengan pemerataan dan distribusi guru yang saat ini telah hampir merata hingga ke pelosok-pelosok desa sehingga tidak ada lagi guru yang hanya berpusat di ibukota kabupaten. Untuk mempertahankan kondisi ini Rusli Habibie menerapkan peraturan dalam perekrutan dan penempatan guru sesuai domisili guru yang bersangkutan sehingga betah dalam bertugas. “Guru yang di Sumalata diupayakan berasal dari Sumalata, sehingga ia betah dan tidak minta pindah ke daerah lain.

Selain itu untuk mendorong peningkatan kinerja Kepala Sekolah, Pemerintah Daerah ungkap Rusli telah memberikan fasilitas sepeda motor Dinas untuk seluruh Kepala SD dan tahun 2010 mendatang ia mengupayakan seluruh Kepala SMP, SMA dan SMK akan mendapatkan fasilitas yang sama.

Sementara itu terkait dengan peningakatan mutu pendidikan, Pemerintahan Rusli Habibie melakukan berbagai upaya diantaranya memberikan beasiswa kepada guru untuk mengikuti pendidikan S1 bekerjasama dengan UNG, memberikan beasiswa kepada murid berprestasi. Dibidang Kurikulum Rusli Habibie menambahkan telah menginstruksikan kepada Dinas Dikpora Kab. Gorut untuk menerapkan kurikulum “entrepreneur’ atau kewirausahaan di kalangan siswa. Hal ini menurutnya sangat penting untuk melahirkan SDM yang benar-benar mampu mengembangkan potensi daerah secara optimal di masa-masa mendatang.

Yang jelas ungkap Rusli Habibie lagi, pihaknya secara konsisten akan terus membangun dan memajukan pendidikan di kab. Gorontalo Utara dengan berbagai pendekatan dan strategi sehingga pendidikan di daerah ini dapat melahirkan SDM yang handal dan berkualitas serta berakhlak. (AM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar