Kamis, 01 April 2010

PROGRAM BEDAH KAMPUNG



Satu lagi program kerakyatan berhasil diperoleh Pemerintah Daerah Kabupaten Gorut dari Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) RI, Suharso Monoarfa. Yaitu Program Bedah kampung, yang akan direalisasikan pada 2010 ini. Program Bedah kampung ini dianggarkan melalui APBN Kementrian Perumahan Rakyat sebesar Rp 2,850 Miliar, dengan tujuan utnuk menciptakan kawasan pemukiman yang baik serta fasilitas yang lengkap. Dari total anggaran Rp 2,850 Miliar tersebut akan diperuntukkan pada beberapa bagian pembangunan dalam program bedah kampung tersebut. Diantaranya, pembangunan sarana umum dan perbaikan rumah warga sebanyak 200 unit dengan anggaran Rp 1,6 Miliar, peningkatan kualitas 100 rumah dianggarkan Rp 500 juta, pembangunan rumah baru 50 buah Rp 500 Juta, rumah nelayan 25 unit Rp 250 juta.

Program Bedah Kampung ini dimaksudkan untuk membangun sebuah kawasan desa yang dulunya dalam kondisi kurang layak, menjadi kawasan pemukiman yang bagus serta dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur kebutuhan masyarakat. Program bedah kampung ini akan diarahkan di dua desa di Gorontalo Utara. Yakni, Desa Windu Kecamatan Biau dan Desa Dumolodo Kecamatan Gentuma Raya. Pasalnya, Pemerintah daerah menilai kedua desa ini masih sangat terbelakang, kondisi cukup memprihatinkan serta fasilitas penunjang aktivitas masyarakat juga sangat minim.
Dalam program ini, selain akan dibangun sejumlah rumah berikut perbaikan rumah warga juga membangun sanitasi, WC umum serta fasilitas lainnya, sehingga benar-benar desa ini akan menjadi kawasan yang indah, sehat dan berwarna. Bantuan dari kementrian Perumahan Rakyat ini berhasil dilobi dari Menpera RI tak terlepas dari kerjasama antar semua pihak serta terjalinnya koordinasi aktif dengan semua instansi di daerah. Utamanya, Bupati Rusli Habibie yang tak pernah merasa lelah untuk melobi anggaran di pusat, semata demi kebutuhan dan kepentingan masyarakat Gorontalo Utara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar